OBJEK KAJIAN FILM " HARI YANG DIJANJIKAN "

Nama         : Muhamad Azmi Nazhif

Npm           : 202246500772

Kelas          : R3K

Matkul        : Filsafat Seni

Dosen         : Dr.sn Angga Kusuma Dawami M. Sn


Objek kajian : film "Hari yang di janjikan"


Pendahuluan

Film menjadi salah satu bentuk komunikasi massa elektronik yang mengkombinasikan dua piranti audio dan visual yang mampu menampilkan kata-kata, bunyi, dan citra. Melalui citra yang dibangun, dan karakter-karakter yang terdapat dalam cerita tersebut mengirimkan pesan dengan menyentuh aspek psikologis khalayak. Representasi pesan yang tidak sanggup disampaikan lewat narasi verbal ataupun perkataan, dapat dikemas dan diwakilkan melalui film.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana film “Hari yang Dijanjikan” merepresentasikan syukur. Bersyukur dalam Islam tidak terbatas pada ucapan alhamdulillah atau terima kasih. Terdapat tiga macam syukur berdasarkan wilayah nampaknya, yaitu syukur dengan hati (bi qolbi), syukur dengan lisan (bi lisan) dan syukur dengan anggota tubuh (bi jawarih). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang banyak dipakai untuk meneliti dokumen berupa teks, gambar, simbol, dan sebagainya. Jenis data dalam penelitian ini adalah data audio dan visual berupa gestur, ekpresi, latar musik, dialog serta narasi kode kode yang berkaitan nilai-nilai syukur. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik dokumentasi elektronik film yang diunduh melalui website klikfilm.com dengan judul “Hari yang Dijanjikan”(2021).


Latar Belakang

Pandemi Covid-19 telah memberi dampak pada segala sektor kehidupan manusia. Dampak dari pandemi memicu munculnya gerakan kemanusiaan solidaritas dari pelbagai kalangan untuk saling membantu, baik secara finansial maupun secara moral. Kalangan yang masih dapat bertahan di masa pandemic mengungkapkan rasa syukurnya dengan berusaha membantu sesama agar dapatsama-sama melewati masa sulit tersebut. Laporan Kompas.com menyebutkan jika bentuk-bentuk bantuan yang dilakukan dengan memberikan donasi berupa uang,alat kesehatan, masker sembako, hingga kebutuhan pokok lainnya kepada pihakyang membutuhkan (Naufal Dzulfaroh, 2020).


Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui syukur direpresentasikan dalam film “Hari yang Dijanjikan.”


Rumusan Masalah 

1. Bagaimanakah alur cerita film "Hari yang dijanjikan"? 

2. Bagaimanakah visualisasi tema, bentuk dan teknik pengambilan gambar di film "Hari yang dijanjikan"? 


Metode Penelitian

Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis teks media, yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis teks yang ada pada media, seperti pada komik, novel, iklan, film, dan sebagainya. Data dalam penelitian analisis teks media dapat bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Karena peneltian hendak memahami bagaimana syukur direpresentasikan dalam film “Hari yang Dijanjikan,” maka data penelitian yang digunakan bersifat kualitatif karena penulis tidak mengamati berupa angka atau perhitungan.

Postingan populer dari blog ini

MENGANALISIS 30 ARTIKEL JURNAL

Penulisan Artikel Ilmiah

laporan perjalanan filsafat seni